Sunday, October 23, 2016

Inilah Rumah Sakit Terbang Pertama di Dunia

Rumah sakit tentu sudah biasa bagi kita, yaitu bangunan dimana kita dapat berobat di sana karena terdapat dokter dan seluruh timnya yang siap melayani. Rumah sakit umumnya dibangun di atas tanah dan diam tak bergerak.

Namun ternyata, di dunia ini ada rumah sakit yang bisa terbang loh! Rumah sakit ini benar-benar terbang dan ini merupakan rumah sakit khusus untuk menangani penyakit mata.
Orbis / Gambar via zh-hans.orbis.org

Rumah sakit terbang pertama di dunia

Rumah sakit ini adalah Orbis, Flying Eye Hospital. Rumah sakit ini merupakan pesawat yang dijadikan rumah sakit terbang, dengan jenis pesawat DC 10 Air Craf. Pesawat ini dioperasikan oleh Orbis Internasional, yaitu organisasi non profit yang didedikasikan untuk meningkatkan standar dan ketersediaan perawatan mata.

Orbis merupakan satu-satunya pesawat rumah sakit di dunia ini. Rumah sakit ini sudah beroperasi sejak tahun 1982, dan hingga sekarang sudah melayani pengobatan mata di 92 negara di dunia, termasuk Indonesia yang pernah didatangi Orbis 3 kali.

Seperti layaknya rumah sakit, di dalam Orbis terdapat 48 dokter ahli mata, perawat, ahli anestesi, insinyur biomedis, dan teknisi. Dokternya berasal dari berbagai negara, seperti India, Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia, dan New Zealand.

Kegiatan yang dilakukan tim Orbis di pesawat meliputi pelatihan bedah mencakup semua jenis perawatan mata, pelatihan optometri dan orthoptics, yang juga merawat pasien yang menderita gangguan gerakan mata dan masalah lainnya.

Mulia sekali tujuan Orbis ini ya readers? Semoga makin banyak organisasi non profit seperti Orbis yang peduli terhadap kesejahteraan masyarakat di seluruh dunia.
Inilah Rumah Sakit Terbang Pertama di Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: finances
 

Top