Monday, November 28, 2016

Pakai Wifi Gratis? Jangan Lakukan Hal ini!

Kalau zaman dulu orang berusaha giat mencari makan, tapi sekarang orang lebih giat mencari wifi gratis. Ya, ini karena kebutuhan sekarang yang mengharuskan banyak orang mengakses internet. Entah itu untuk keperluan pekerjaan, kuliah, atau hanya untuk hiburan saja.

Sekarang ini, wifi gratis sudah menjamur di banyak tempat. Di rumah makan, kafe, mall, bahkan di taman pun sudah disediakan wifi. Hal ini tentu sangat menyenangkan apalagi bagi para remaja, dengan wifi gratis, mereka bisa bebas mengakses internet tanpa takut kehabisan kuota.
Free wifi / Gambar via usatoday.com
Tapi, kegembiraanmu mendapatkan wifi gratis harus terhenti ketika kamu mengetahui fakta bahwa tingkat keamanan wifi itu tidak ada yang tahu, bahkan cenderung rendah. Ingat bahwa tak hanya kamu yang memakai wifi tersebut, tapi orang lain yang asing bagi kamu. Oleh karena itu, jangan kamu lakukan hal di bawah ini untuk menjaga keamanan data dirimu di dunia maya:

Jangan lakukan ini ketika memakai wifi gratis:
  1. Menggunakan Internet Banking

    Memang mudah jika kita membayar berbagai hal dengan internet banking. Tanpa harus mengeluarkan uang cash, kita bisa tinggal transfer. Tapi, di dalam internet banking terdapat data personal kita yang sangat rahasia, sebaiknya jangan gunakan wifi gratis untuk mengakses internet banking.
  2. Akses yang Berbau Privasi

    Menggunakan wifi gratis sebaiknya tidak untuk kegiatan yang berbau privasi. Jangan ada kegiatan untuk memasukkan password, nomor rekening, alamat rumah, atau hal lain yang sifatnya privasi. Karena ini rentan sekali dilacak oleh penjahat dunia maya.
  3. Beli Tiket Online

    Biasanya ketika beli tiket online, kita akan memasukkan data diri lengkap hingga nomor KTP. Yang seperti ini sebaiknya hindari saja. 
Wifi gratis memang menyenangkan, tapi sebaiknya jangan digunakan untuk mengakses hal yang berbau privasi. Gunakan wifi gratis hanya untuk hiburan saja.
Pakai Wifi Gratis? Jangan Lakukan Hal ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top