Tuesday, January 10, 2017

Inilah Kesalahan yang Seringkali Dilakukan oleh Orang Tua yang Baru Memiliki Bayi

Menjadi orang tua sepertinya mudah, tapi kenyataannya tidak semudah itu. Apalagi jika kamu adalah ibu atau ayah baru, tentu kamu membutuhkan pertolongan dari orang yang lebih pengalaman dalam hal ini.

Karena masih minim pengalaman, biasanya para orang tua baru ini sering melakukan kesalahan-kesalahan. Untuk itu, kenalilah kesalahan tersebut agar tidak terjadi pada kamu yang akan menjadi orang tua baru.
Orang tua baru / Gambar via listovative.com
Inilah kesalahan yang seringkali dilakukan oleh orang tua yang baru memiliki bayi:
  1. Stres akan Hal yang Sepele

    Namanya orang tua baru, pasti ada saja kekhawatiran pada bayinya. Apakah bayinya menerima ASI yang cukup? Apakah bayi menyukai makanannya? Apakah bayi tidur cukup? Dan kekhawatiran lainnya.

    Sebenarnya hal tersebut tak perlu terlalu dipusingkan. Jika kamu terlalu memusingkan hal yang sepele seperti itu, yang ada malah kamu menjadi stres.
  2. Terlalu Percaya dengan Semua yang Didengar

    Di awal-awal kelahiran bayi, tentu kamu akan mendapatkan banyak sekali petuah dan nasehat dari orang-orang yang sudah berpengalaman, seperti orang tua, mertua, kakak, atau teman yang sudah memiliki anak lebih dahulu.

    Memang ada yang benar dan ada yang tidak dari petuah-petuah tersebut. Sebaiknya jangan langsung mempercayai semuanya, selidiki dulu kebenarannya. Dan ingat, setiap orang memiliki cara asuhnya sendiri, termasuk kamu.
  3. Mengabaikan Pasangan

    Banyak yang beranggapan bahwa setelah menikah dan memiliki anak, istri akan menjadi lebih cuek pada suami karena lebih fokus pada bayi. Tapi ingat, pernikahan tetaplah prioritas. Meskipun telah memiliki bayi, jangan lupakan quality time berdua bersama pasangan.
  4. Membandingkan Bayimu dengan Bayi Orang Lain

    Jika bayi seusia bayimu sudah bisa berbicara tapi bayimu belum dapat melakukannya, jangan berkecil hati. Setiap bayi memiliki kemampuan tumbuh kembang masing-masing dan tidak bisa disamakan. Membanding-bandingkan hanya akan membuatmu lebih berkecil hati.
  5. Tidak Tidur Siang

    Kebanyakan bayi akan tidur di siang hari dan terjaga di malam hari. Sebagai orang tua, kamu harus siap dan menyesuaikan waktu tidur bayi. Curi-curilah waktu untuk tidur di siang hari. Hal ini dapat membuatmu lebih fit untuk terjaga di malam hari.
  6. Tidak Memperhatikan Diri Sendiri

    Memang setelah memiliki bayi fokus utamamu adalah pada bayimu. Tapi ingat, jangan lupa untuk memanjakan dan merawat dirimu. Rawatlah diri di salon, menonton film, makan makanan favorit, agar hatimu lebih bahagia.
  7. Tidak Ingin Berbagi Beban atau Menerima Bantuan Orang Lain

    Jika sebelumnya sang ibu tidak pernah berurusan dengan anak atau bayi, bisa saja terjadi baby blues syndrome. Hal ini membuat sang ibu merasa tertekan. Oleh karena itu, jangan pendam rasa itu sendiri, utarakan pada pasangan, orang tua, saudara, atau orang terdekatmu.

    Mintalah bantuan pada mereka jika kamu kesulitan dalam mengasuh bayimu. Mereka tentu akan sangat senang membantumu sehingga kamu juga bisa mengembalikan kepulihan tubuh.
Itulah kesalahan yang sering terjadi pada orang tua yang baru memiliki bayi. Pengalaman adalah guru yang paling baik, nikmatilah setiap peristiwa yang terjadi dan jadikan itu sebagai pengalaman berharga untuk memperbaiki hal serupa di kemudian hari.
Inilah Kesalahan yang Seringkali Dilakukan oleh Orang Tua yang Baru Memiliki Bayi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top