Kumpulan Berita, Gambar, Video dan Info Unik Lucu Terbaru serta Kejadian aneh tapi nyata di Dunia

Wednesday, January 11, 2017

Wow! Inilah yang Terjadi pada Tubuh saat Berjalan Kaki selama 60 Menit!

Ketika tubuh bergerak, otomatis organ di dalam tubuh juga akan bergerak. Hal ini akan menimbulkan reaksi dan tentu saja banyak manfaat yang kita dapatkan.

Berjalan kaki setidaknya 30-60 menit setiap hari dapat menurunkan berat badan, menjaga berat badan tetap ideal, serta mencegah diabetes. Ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang tidak suka jogging atau olahraga berat lainnya.
Manfaat berjalan kaki / Gambar via northumberlandnationalpark.org.uk
Inilah yang terjadi pada tubuh saat berjalan kaki selama 60 menit:
  1. Menit 1 sampai 5

    Di menit-menit awal, tubuh akan melepaskan bahan kimia dan menghasilkan energi dalam sel sebagai bahan bakar bagi gerak langkah. Denyut jantung meningkat dengan kisara 70-100 denyut per menit (bpm), aliran darah meningkat, serta otot memanas.

    Kekakuan akan reda karena sendi merilis cairan pelumas untuk membantu bergerak lebih muda. Saat bergerak, tubuh akan membakar lima kalori setiap menit.
  2. Menit 6 sampai 10

    Di menit-menit ini, tubuh kembali melepas bahan kimia yang memperluas pembuluh darah, membawa lebih banyak darah dan oksigen ke otot yang sedang bekerja. Denyut jantung naik dari 100 menjadi 140 bpm dan kamu akan membakar enam kalori setiap menitnya.
  3. Menit 11 sampai 20

    Ketika kamu terus berjalan, maka suhu tubuh akan meningkat, keringat mulai keluar untuk melepaskan panas yang disebabkan oleh pembuluh darah yang meluas di dekat kulit.

    Terus berjalan dengan pelan akan membuatmu membakar hingga tujuh kalori per menit dan bernapas lebih cepat. Hormon epinefrin dan glukagon akan meningkat untuk melepaskan bahan bakar bagi otot.
  4. Menit 21 sampai 45

    Di menit ini, ketegangan mulai mereda karena tingkat hormon endorfin naik. Kabar baiknya, lemak banyak yang terbakar dan insulin lebih stabil.
  5. Menit 46 sampai 60

    Di menit-menit akhir ini, otot akan merasa lelah karena simpanan karbohidrat berkurang. Ketika kamu melakukan pendinginan, detak jantung dan pernafasan akan melambat.

    Efeknya, kalori yang terbakar lebih sedikit. Namun jangan khawatir, meskipun kalori yang terbakar lebih sedikit namun pembakaran kalori dalam tubuh tetap berlangsung selama satu jam setelah kamu berhenti berjalan.
Olahraga itu banyak macamnya. Berjalan pun juga olahraga dan manfaatnya sangat besar. Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga ya!
 
Atas